Jurus HIMPSI Malang Tularkan Ragam Terapi Psikologi

MALANG, AYOSEMARANG.COM — Para pakar terapi psikologi se-Malang berbagi kiat ragam terapi psikologi bersama 50 peserta workshop Hipnoterapi yang terdiri dari mahasiswa S2 Psikologi, alumni psikologi, praktisi, serta psikolog. Acara yang digelar oleh Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) cabang Malang dan Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) itu, berlangsung di kampus GKB Lantai 4 UMM Tlogomas, Sabtu (19/10/2019). Ketua Umum HIMPSI cabang Malang, Salis Yunardi berpandangan, HIMPSI Malang berkentingan membedah ragam macam terapi psikologi untuk memberikan pedoman dan panduan bagi psikolog agar psikolog yang tinggal di Malang bisa saling membantu masyarakat yang mengalami gangguan dan masalah dalam dirinya secara profesional. “Beragam terapi bisa saja dikuasai oleh masing-masing psikolog seiring dengan kompetensi yang dimiliki,” kata Salis Yunardi.
Salis yang merupakan Dekan Fakultas Psikologi UMM itu mengurai rata-rata permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat. Diantaranya; kecemasan, ketakutan, mudah panik, stress, frustasi, depresi, fobia, trauma, kecanduan, perilaku buruk, motivasi, sulit fokus/konsentrasì, insomnia, tidak/kurang percaya diri, emosi labil, mudah marah, takut berbicara di depan umum, konflik diri, pencapaian prestasi hidup rendah, berhenti merokok, menurunkan berat badan, kebiasaan buruk, penyesalan mendalam, kesedihan mendalam perasaan bersalah, masalah seks, motivasi belajar, semangat hidup. “Oleh karena itu dibutuhkan beragam jurus dari para psikolog untuk membantu memberikan solusi bagi masyarakat,” kata Salis. Pakar metode Spiritual Emotional Freedom Technique (SEFT), Zainul Anwar mengatakan, apabila seseorang mengalami gangguan atau permasalahan pribadi maka salah satu teknik yang dapat digunakan menggunakan SEFT. Menurut Zainul, teknik SEFT sangat sederhana, siapapun bisa belajar sehingga membuat semua orang dapat belajar dan diterapkan, minimal untuk diterapkan bagi diri sendiri.
Selama ini, kata Wakil Dekan Fakultas Psikologi UMM ini, teknik terapi psikologi hanya sebatas hubungan horizontal (sebatas menangani terkait masalah diri sendiri atau masalah dengan orang lain/lingkungan), padahal hakekat manusia tidak dapat lepas dengan sang pencipta/Tuhan. “SEFT selain mampu menangani berbagai gangguan fisik dan psikologis juga didukung dengan spiritual sehingga menjadikan SEFT semakin powerfull, karena ikut melibatkan campur tangan sang pencipta,” terangnya. Tandem narasumber M Syamsul Huda dan Agus Purnomo memaparkan metode Mesmerism Magnetism Hypnoterapi. Menurut Agus, metode ini adalah metode penyembuhan fisik dan psikis dengan menggunakan tekhnik Magnetic Mesmerism yg ditemukan oleh Frans Anton Mesmer sebuah tekhnik Hipnoterapi kuno cikal bakal ilmu Hypnoterapi Modern saat ini. Sementara, Syamsul Huda mengatakan Magnetism Mesmerism sengaja didesain sangat sederhana namun dengan hasil yang powerfull. “Metode ini sebagai alternatif belajar Hipnosis dan Hipnoterapi ataupun juga bisa dikombinasikan dengan Hipnoterapi konvensional,” katanya. Workshop Hipnoterapi dihadiri oleh psikolog Psycohopreunur dan Master Soul Healing, M. Syamsul Huda, Psikolog sekaligus Direktur Meta Power Consultant, Agus Purnomo, dan psikolog pakar metode SEFT (Spiritual Emotional Fredom Technique), Zainul Anwar.
Sumber: www.ayosemarang.com