Tips Parenting Mehadapi Perpanjangan Belajar di Rumah

Perpanjangan masa tinggal di rumah sampai dengan 5 April tentu membuat orang tua harus memutar otak untuk aktivitas anak.

Yuk, Parents, jangan stress ambil hikmahnya untuk sebagai kesempatan meningkatkan bonding antar keluarga terutama dengan anak.

Beberapa di bawah ini bisa untuk dijadikan alternatif aktivitas untuk meningkatkan bonding dengan anak.

  1. Jelaskan situasi yang terjadi dengan bahasa positif atau netral dan ekspresi tenang, tidak menakuti dengan cerita Corona adalah monster.
    Untuk anak autis dan yang mengalami intelektual disability bisa dengan bantuan gambar atau video.
  2. Berbagicerita positif dengan anak. Cerita teladan para Rasul dan Nabi, cerita penemuan penemuan, atau cerita para tokoh.
  3. Perbanyak aktivitas bantu diri dan okupasi rumah tangga. Saatnya untuk melibatkan dan melatih anak untuk mandiri dalam makan, mandi, berpakaian, menjaga kerapian dan kebersihan kamar tidur serta rumah sendiri. Ingat kesehatan berasal dari diri dan rumah kita sendiri.
  4. Berkebun bersama. Manfaat kan biji sisa limbah rumah tangga, tomat, terung Lombok. Anak bisa belajar mengamati proses tumbuh kembang dan bertanggung jawab atas tanaman mereka.Kalau tak punya lahan bisa gunakan plastik bekas sebagai media. Bisa untuk pembelajaran science, tanggung jawab dan hobby.
  5. Aktivitas memilah sampah. Ayo kita bersama bantu tukang sampah kita. Pilah sampah rumah tangga, kertas, plastik dikemas dan bungkus rapi agar memudahkan petugas kebersihan. Keberadaan mereka sangat penting terutama situasi saat ini. Aktivitas ini juga berguna untuk melatih keterlibatan anak pada kebersihan lingkungan, tanggung jawab serta belajar mengelompok kan.
  6. Melakukan video call bersama teman. Ingat anak anak juga butuh bertemu teman mereka. Di saat yang terbatas ini, video call dengan sesama teman dapat membantu meredakan ketegangan mereka juga.
  7. Yang terakhir yakni Berdoa bersama dengan keluarga, sholat jamaah di rumah, berdoa bersama pengganti ke gereja.

Semoga bermanfaat

Jeanne Leonardo., S.Psi., MA/Mgr SEN., Psikolog
Pengurus HIMPSI Malang bidang Kompetensi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *